Mengenal Aplikasi Kencan Muslim, Cara Lain Mencari Jodoh

Siapa yang tidak ingin menemukan belahan hati, jodoh yang sudah ditentukan oleh-Nya untuk mengarungi kehidupan ini bersama-sama? Well, tidak semua orang sudah menemukan sosok tersebut. Kamu salah satunya?

Jangan khawatir, ada banyak cara untuk menemukan seseorang yang ditakdirkan untuk mendampingi kamu di bumi ini. Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi kencan online. Yups, di era yang serba digital ini, mencari jodoh pun bisa dilakukan dengan memindai dari gadget yang kamu miliki. Tinggal menentukan filter kriteria yang kamu inginkan, kamu bakal mendapat sejumlah rekomendasi orang yang mungkin bakal menjadi jodoh kamu.

Image credit: Muzmatch

Bagi umat Islam, aplikasi kencan ngehits seperti Tinder, IkCupid dan Paktor mungkin tidak cukup mewakili keinginan yang disyaratkan, terutama terkait kepercayaan. Untungnya, ada aplikasi kencan muslim yang bisa kamu coba, seperti Minder, Salaam Swipe dan Muzmatch.

Aplikasi kencan muslim ini memang didesain secara khusus untuk membantu muslim dan muslimah menemukan pasangan yang sempurna (terlepas dari dosa yang sudah diperbuat, lho!). Rupa-rupanya, tidak sedikit dari mereka yang mencari pasangan, bahkan untuk diteruskan ke jenjang pernikahan, dan cara terbaik melakukannya adalah dengan melakukan pendekatan dan pembicaraan secara serius, namun dengan tetap menjaga kesantunan dan norma kesusilaan.

Untuk itu, aplikasi kencan muslim yang ada mengharuskan penggunanya untuk melengkapi profil, yang mencantumkan etnis/suku, sekte Islam, usia yang diharapkan untuk dinikahi, rating berpakaian dan foto terbaru paling jelas untuk menjadi foto profil. Beberapa aplikasi kencan muslim bahkan memiliki fitur, yang mengizinkan anggota keluarga atau wali orang tua untuk ikut memonitor percakapan yang dilakukan.

Cara kerja aplikasi kencan muslim ini juga tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, di mana kamu bisa nge-“like” atau “dislike” profil atau melihat apakah kamu menemukan pasangan yang (dirasa) cocok. Dengan banyaknya member dalam aplikasi ini, ada kesempatan untuk kamu menemukan seseorang yang sesuai dengan kriteria pasangan masa depan kamu.

Aplikasi dating ini juga bisa menjadi salah satu cara memperkenalkan diri dengan calon pasangan terkait tradisi dan budaya, bahkan praktik keyakinan tertentu. Kemudahan akses ke para jomblo menjadikan pencarian jodoh bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah.

Terlepas apakah kamu menentang adanya aplikasi ini, atau mulai dan sudah mencobanya, aplikasi ini sudah terbukti bisa mempertemukan sejumlah orang, yang berakhir ke jenjang pernikahan.

Baca juga: 7 Aplikasi Menemukan Makanan Halal Di Luar Negeri

Apakah kamu tertarik menggunakan aplikasi kencan online khusus muslim ini?


Artikel ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini.

Brand Managers!

Want to see your brand or business in this story?

Talk to us now

Subscribe our Newsletter

Get our weekly tips and travel news!

Recommended Articles

Latest Articles