Masjidil Haram Dan Masjid Nabawi Segera Dibuka Kembali

Kabar gembira bagi umat Islam di seluruh dunia. Ketua Umum Pengurus dan Imam Besar Masjid, Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, mengungkapkan bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan segera dibuka untuk umum.

Kabar menggembirakan tersebut diungkapkan Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais melalui akun Twitter @Haramaininfo. Dalam keterangan tersebut dijelaskan Masjidil Haram akan dibuka untuk ibadah tawaf dan salat wajib, dan demikian juga dengan Masjid Nabawi.

Image credit: Twitter HaramainInfo

“Saya membawa kabar gembira untuk sesama muslim bahwa dua masjid suci akan kembali normal segera,” jelasnya.

Namun demikian, ditekankan oleh Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais bahwa pembukaan kembali Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak akan dilakukan dengan terburu-buru dan dengan melakukan pertimbangan mendalam.

“Semua langkah yang diambil adalah untuk kesejahteraan kita,” ujarnya lagi.

Seperti diketahui, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sempat ditutup untuk setiap aktivitas ibadah dengan adanya pembatasan pada 5 Maret 2020 silam disebabkan adanya wabah pandemi virus Corona Covid-19. Sejak saat itu, tidak ada aktivitas ibadah dilakukan di dua masjid suci umat Islam tersebut, di mana pihak keamanan melakukan pengamanan ketat di sekitarnya.

Namun dalam beberapa hari terakhir, Masjidil Haram sudah kembali terbuka secara terbatas dan tidak untuk umum. Ibadah salat sudah bisa dilakukan secara berjamaah, namun dengan jarak tertentu untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 dan dalam pengawasan ketat petugas keamanan.

Kota-kota di luar Mekkah dan Madinah juga sudah mulai terlihat sejumlah aktivitas dalam waktu terbatas, antara 9.00 hingga 17.00. Sedangkan toko grosir dan pusat perbelanjaan sudah kembali buka pada Rabu (29/4). Meski begitu, pemerintah Kerajaan Arab Saudi tetap menekankan pentingnya sosial distancing dan melarang pertemuan yang melibatkan lebih dari lima orang untuk dilakukan.

Baca juga: Wisatawan Kagum Dengan Menara Jam Masjid Mekkah

Dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi kembali dibuka dalam waktu dekat, tidak menutup kemungkinan ibadah haji 2020 akan tetap berjalan sesuai jadwal. Namun demikian, belum ada keputusan pasti mengenai pelaksanaan ibadah haji dan umrah 2020. Kita tunggu kabar baik berikutnya, ya!

Brand Managers!

Want to see your brand or business in this story?

Talk to us now

Subscribe our Newsletter

Get our weekly tips and travel news!

Recommended Articles