Tradisi Lebaran Di Indonesia Yang Bikin Rindu

Banyak hal yang dirindukan saat Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari berkumpul bersama sanak keluarga, menyantap masakan khas lebaran hingga merayakan keseruan bersama teman dan sahabat lama. Itu hanya sebagian kecil dari banyak tradisi lebaran yang dimiliki masyarakat di Indonesia.

Tradisi lebaran yang ada ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. Ingin tahu tradisi lebaran apa saja yang bisa kamu lakukan selama berada di Indonesia, simak daftarnya di sini.

1. Mudik

Mudik menjadi salah satu tradisi lebaran di Indonesia yang bertahan sampai saat ini. Setiap tahunnya tercatat ada puluhan juta warga yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya di musim lebaran dengan menggunakan beragam moda transportasi. Keseruan mudik menjadi salah satu atmosfer asyik yang bisa dirasakan setiap tahunnya.

2. Tunjangan Hari Raya

Bagi yang berstatus karyawan, Tunjangan Hari Raya alias THR menjadi salah satu yang paling ditunggu jelang hari raya Idul Fitri. Namun THR juga didapatkan anak-anak sebagai hadiah dari mereka yang telah bekerja. Tentunya jumlahnya memiliki varian tersendiri.

3. Baju baru

Lebaran identik dengan baju baru. Karena hari raya Idul Fitri atau lebaran di Indonesia, negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia, menjadi even yang sangat spesial, tidak salah jika mereka yang merayakannya ingin tampil dengan penampilan terbaik mereka, salah satunya dengan mengenakan baju baru.

4. Takbir keliling dan menabuh bedug

tradisi lebaran di indonesia
Image credit: Ganang Alfian

Di malam hari pada hari terakhir puasa di bulan Ramadhan, akan dilakukan takbir keliling dan menabuh bedug untuk merayakan hari kemenangan setelah berpuasa satu bulan lamanya. Momen ini menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu mengingat momen tersebut menjadi awal dari perayaan lebaran itu sendiri.

5. Menyantap makanan khas lebaran

Image credit: @mymrf

Makanan khas lebaran menjadi salah satu bentuk budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Banyak sekali makanan khas lebaran di Indonesia, yang tidak jarang hanya muncul di satu momen ini di sepanjang tahun. Karena itulah menyantap makanan khas lebaran menjadi tradisi di Indonesia yang begitu fenomenal.

Baca juga: Ayo Jelajahi Makanan Khas Lebaran Di Indonesia

6. Saling mengirim makanan atau parcel

Di Sumatra dan Kalimantan, tradisi ini masih terjaga. Makanan dikirimkan oleh sanak keluarga untuk keluarga dan kerabat mereka lainnya, atau kepada tetangga atau kepada mereka yang kurang beruntung. Pun demikian dengan parcel, yang biasanya berisi sirup, biskuit, bahkan sembako.

7. Ziarah makam

Orang Jawa Timur, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta lebih akrab menyebut kegiatan ini sebagai nyekar. Salah satu tradisi lebaran di Indonesia yang bertahan sampai saat ini tersebut dilakukan setelah shalat Idul Fitri untuk memanjatkan doa bagi keluarga yang sudah meninggal dunia.

8. Menyalakan petasan

Saat lebaran tiba, hampir bisa dipastikan terdengar suara petasan di mana-mana. Meski membunyikan petasan dilarang oleh pemerintah, tradisi ini sulit dihilangkan dan menjadi warna tersendiri jelang lebaran di Indonesia.

9. Halal bi halal

Tradisi lebaran di Indonesia lainnya yang masih bertahan sampai saat ini adalah saling mengunjungi dan merayakan Lebaran bersama keluarga besar, teman-teman, kerabat, tetangga. Selain itu, mengunjungi orang yang kita anggap penting untuk dikunjungi juga dilakukan sejumlah masyarakat. Momen halal bi halal ini biasanya dilakukan dalam periode waktu tertentu.

10. Berwisata

Setelah bersilahturahmi, bertemu kerabat, menikmati makanan khas lebaran, tradisi lebaran di Indonesia biasanya berlanjut dengan melakukan wisata di sejumlah destinasi. Siapa di antara kamu yang masih melakukannya?

Baca juga: Lima Aplikasi Untuk Traveler Muslim Liburan ke Luar Negeri

Nah, apakah kamu termasuk yang masih merayakan lebaran dengan mempertahankan tradisi di atas?

Brand Managers!

Want to see your brand or business in this story?

Talk to us now

Subscribe our Newsletter

Get our weekly tips and travel news!

Recommended Articles